Thursday, April 26, 2018

Kerusakan-kerusakan Umum Pada Tas Sekolah Anak dan Cara Mengatasinya



Ketika anak sudah mulai memasuki masa sekolah pastinya orang tua akan sangat consent memperhatikan beberapa keperluan yang akan mereka gunakan. Salah satunya adalah membeli tas sekolah yang tepat untuk buah hati. Dipasaran sendiri baik pada toko online ataupun offline sudah banyak sekali tas yang diproduksi untuk anak-anak. Dari berbagai model, desain, warna, fitur sampai dengan harga yang berbeda-beda. Banyak pilihan ternyata tidak membuat para orang tua lebih mudah menentukan, justru yang terjadi adalah sebaliknya. Apalagi jika sudah anak yang menentukan, memilih barang A tidak bisa diganti dengan barang lainnya.

Jika orang tua hanya membelikan apa saja yang diminta oleh anak dan tidak memperhatikan beberapa hal lainnya tentu akan sangat beresiko. Mayoritas anak hanya akan memperhatikan model dari tas tersebut tanpa memperhatikan lainnya. Hal inilah yang sering menyebabkan kerusakan yang terjadi pada tempat perlengkapan sekolah tersebut mengalami kerusakan yang cukup sering. Sebenarnya ada beberapa hal lain yang dapat menjadi pendorong tas yang digunakan oleh anak mengalami kerusakan, antara lain:

1. Bawaan terlalu banyak.

Hal pertama adalah seringnya anak memasukkan berbagai perlengkapan sekolah pada tas yang digunakan, bahkan semua perlengkapan. Sebenarnya tidak ada salahnya juga karena memang keperluan perlengkapan anak sekolah sekarang ini lebih banyak dan lengkap dari pada jaman dahulu. Tetapi yang perlu diingat sebagai orang tua harus tetap mengontrol kapasitas yang dimiliki oleh tas.

2. Penggunaan yang ceroboh.

Sebagai anak sebenarnya wajar saja menggunakan tas yang belum pada semestinya, misalnya yang seharusnya digunakan di pundak tetapi menyeretnya. Secara otomatis hal tersebut akan menimbulkan masalah atau kerusakan pada tas sekolah yang digunakan. Untuk hal ini memang sulit dikendalikan, apalagi anak sudah mulai melakukan aktivitas sekolahnya secara mandiri.

3. Buka tutup tas yang sembarangan.

Kecerobohan anak satu ini memang sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi, intensitas membuka dan menutup tas yang terlalu sering membuat kondisinya semakin menurun. Hal inilah yang dapat membuat bagian resleting tas mengalami kerusakan.

4. Digantung dalam kondisi bermuatan.

Lalu dalam kondisi muatan yang cukup banyak ternyata sering di gantungkan, hal ini juga menjadi penyebab utama masalah kerusakan pada tas. Apalagi jika kondisi tali yang tidak kuat, hanya sekali dua kali melakukan pasti sudah akan langsung putus.

5. Benda tajam tidak posisikan secara tepat.

Selanjutnya adalah menempatkan benda-benda tajam yang tidak tepat, seperti gunting, pisau ataupun lainnya. Itulah yang menjadi tugas dari orang tua untuk memperhatikan beberapa hal yang dapat mendorong kemungkinan kerusakan pada tas yang digunakan.

Selain diatas tentunya ada banyak lagi masalah yang menyebabkan tas anak Anda mengalami kerusakan. Untuk menghindari hal-hal yang demikian, Anda sebagai orang tua bisa memperhatikan beberapa perawatan dan penyimpanan secara tepat. Misalnya saja mengingatkan anak untuk tetap menggunakan secara baik, membersihkan secara tepat dan menyimpannya dalam kondisi yang benar. Hal-hal itu pasti akan membuat tas yang digunakan lebih awet dan tahan lama.

Dan yang paling penting dalam menjaga keawetan tas adalah dengan memperhatikan kualitas dari perlengkapan sekolah yang Anda beli tersebut. Jangan hanya tergiur dengan model ataupun harga yang murah saja, tetapi pastikan bahwa kualitas yang didapatkan itu lebih baik dan tepat. Kemungkinan besar masa pakai tas sekolah itu dipengaruhi oleh kualitas dari tas itu sendiri. Bagaimana, sudahkah Anda memilihkan tas yang tepat untuk anak?

0 comments

Post a Comment